Kenapa NORIVAL ?





1. Kenapa harus menggunakan produk Norival dan keuntungan apa yang didapat ?
Jawaban :
Seiring dengan perkembang teknologi mesin, penggunaan BBM berkualitas adalah suatu hal yang mutlak untuk memenuhi spesifikasinya. Dengan melihat kondisi perekonomian khususnya di Indonesia pada saat ini, produk Norival merupakan solusi yang tepat, aman dan praktis dalam memenuhi spesifikasi kinerja mesin dengan biaya yang sangat minim.

2. Bagaimana produk Norival Fuel Energy Enhancer Gasoline dapat memenuhi kebutuhan BBM sesuai dengan spesifikasi mesin?
Jawaban :
Formula unik produk Norival di design untuk memperbaiki struktur molekul hidrokarbon penyusun bahan bakar agar struktur molekul parafinik (bernilai oktan rendah), bisa diubah menjadi struktur naftenik dan menjadi aromatic, sehingga efisiensi pembakaran baik melalui peningkatan reaktivitas bahan bakar maupun dengan penyediaan oksigen secara internal dapat ditingkatkan.

3. Bagaimana produk Norival Fuel Energy Enhancer - Diesel dapat memenuhi kebutuhan BBM sesuai dengan spesifikasi mesin?
Jawaban :
Formula Norival Energy Fuel Enhancer diesel fuel di design khusus untuk memenuhi batasan sifat dalam kondisi iklim cuaca di Indonesia. Formula uniknya mampu menyempurnakan proses pembakaran dengan menciptakan titik nyala / flash point dan viskositas yang ideal agar BBM solar dapat lebih mudah teruapkan pada proses pengkabutan dan meningkatkan daya lumas fuel pump plungers, sehingga BBM solar dapat terdistribusikan dengan merata di dalam ruang bakar.

4. Bagaimana produk Norival Oil Enhancer dapat meningkatkan kemampuan pelumasan komponen – komponen di dalam mesin?
Jawaban :
Norival Oil Enhancer bekerja untuk mengoptimalkan kemampuan daya pelumasan oli dengan menciptakan lapisan penyekat khusus /special film yang berfungsi untuk mengurangi friksi mencegah terjadinya benturan antar logam komponen mesin yang dapat mengakibatkan goresan/keausan dan memiliki fungsi sebagai pendingin dengan meningkatkan daya viskositas/Heat resistant oli untuk menurunkan suhu logam, menyerap panas dan memindahkannya ke bagian lain seiring dengan sirkulasi oli di dalam mesin.

5. Bagaimana produk Norival dapat memberikan keuntungan secara finansial dalam penggunaannya?
Jawaban :
Produk Norival memungkinkan para konsumennya untuk menggunakan BBM standar dengan harga yang lebih terjangkau untuk memenuhi tuntutan spesifikasi kebutuhan teknologi mesin, sebagai solusi dalam hal perawatan dan pengiritan BBM dengan mengoptimalkan daya kinerja mesin agar dapat menghindari biaya perawatan yang tidak seharusnya di keluarkan. Contoh: Dengan produk Norival anda dapat menggunakan BBM Gasoline dengan nilai oktan 88 untuk memenuhi spesifikasi mesin kinerja mesin dengan nilai oktan -/+ 92-95

6. Jika saya tetap menggunakan BBM dibawah kebutuhan spesifikasi mesin apa yang akan terjadi?
Jawaban :
Pemilihan jenis bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin akan mengakibatkan proses pembakaran yang tidak sempurna.Hal tersebut secara bertahap akan menghasilkan efek negative berantai pada mesin, mulai dari timbulnya kerak pada ruang bakar, tenaga mesin yang tidak maksimal, meningkatnya emisi gas buang, boros konsumsi BBM, yang pada akhirnya akan berakibat pada naiknya biaya perawatan mesin.

7. Saya yakin BBM yang saya gunakan berkualitas baik apakah saya masih membutuhkan produk Norival Energy Fuel Enhancer?
Jawaban :
Norival Energy Fuel Enhancer diciptakan untuk meningkatkan kualitas BBM standar menjadi lebih baik dan membuat kualitas BBM baik menjadi lebih baik dengan harga yang sangat terjangkau. Penggunaan BBM yang baik adalah dasar dari perawatan mesin. Menggunakan BBM yang semakin baik untuk kendaraan/mesin, anda akanmendapatkan manfaat yang lebih banyak.

8. Berapa biaya pembelanjaan BBM standar ditambah dengan produk Norival yang dikeluarkan? Apakah menguntungkan saya secara finansial?

( Klik tabel untuk melihat selengkapnya )
Jawaban :


Dengan biaya minimal yang di keluarkan, anda akan memperoleh hasil yang maksimal. Ilustrasi:

- Harga BBM Gasoline / Diesel standar = Rp. 4000,-/Ltr

- Norival Energy Fuel Enhancer / Ltr

BBM RON 88 Rp.4500,- + Norival Silver Rp.138 :
* BBM yang telah ditingkatkan kualitasnya : HANYA Rp.4.638,-/Ltr

BBM RON 88 Rp.4500,- + Norival Gold Rp.250 :
* BBM yang telah ditingkatkan kualitasnya : HANYA Rp.4.750,-/Ltr

BBM RON 88 Rp.4500,- + Norival Platinum Rp.416 :
* BBM yang telah ditingkatkan kualitasnya : HANYA Rp.4.916,-/Ltr

BBM CN 50 Rp.4000,- + Norival Diesel Rp.133 :
* BBM yang telah ditingkatkan kualitasnya : HANYA Rp.4.133,-/Ltr

9. Apakah bahan dasar yang digunakan produk Norival memiliki kualitas yang baik dan aman bagi mesin kendaraan?

Jawaban :


Metode sederhana ini bisa dilakukan oleh siapapun. Anda bisa membuktikannya.


Metode sederhana : Tuangkan Norival Energy Fuel Enhancer pada wadah kaca bening. Letakkan alas dibawah wadah tersebut.
Cairan Norival Energy Fuel Enhancer murni dan tidak memiliki endapan

Norival Energy Fuel Enhancer menggunakan bahan dasar berkualitas tanpa zat pewarna dan tidak memiliki endapan, sehingga:

- Tidak mengubah warna dasar dari bahan bakar minyak saat dan sesudah bercampur.

- Tidak mengubah warna asli dari hasil pembakaran pada komponen seperti: piston, klep dan busi, warna palsu “umumnya berwarna merah seperti bata, tetapi pudar ketika disentuh”, hal ini biasanya disebabkan oleh penggunaan zat pewarna yang mengandung bahan kimia.

- Tidak menimbulkan tumpukan kerak / karbon deposit pada komponen ruang bakar yang umumnya ditimbulkan oleh campuran-campuran lain yang kurang senyawa dengan sifat dasar dari bahan bakar minyak itu sendiri.

Minyak atsiri pada dasarnya adalah bahan organik yang tidak memiliki sifat korosif dan tidak merusak komponen mesin seperti: Metal, logam, dan karet seal.

Contoh: Cymbopogon Nardus oil, Cymbopogon Citratus oil dan Coconut Oil yang didukung dengan komposisi susunan organik lainnya, memiliki fungsi sebagai detergen yang bekerja secara bertahap meningkatkan pelumasan komponen sehingga mengurangi gesekan penyebab keausan komponen logam / metal dan pembentukan kerak bersifat arang /bara ( keras )

Norival Energy Fuel Enhancer memiliki komposisi bahan herbal yang saling mendukung antara satu bahan dengan bahan lainnya (senyawa).


10.Bagaimana cara menjaga kualitas produk Norival agar tetap prima dan tahan lama?
Jawaban :


Selama tidak terkena cahaya matahari secara langsung dan tertutup rapat agar terhindar dari udara terbuka, bahan herbal yang terkandung dalam produk Norival akan selalu dalam kondisi baik / prima.

11. Bagaimana cara menentukan tipe produk Norival yang tepat agar sesuai dengan spesifikasi kebutuhan mesin?
Jawaban :


*** Norival Energy Fuel Enhancer Gasoline:

Tipe Silver cocok digunakan untuk:
- Mobil dan Motor dengan rasio kompresi 7:1 - 9:1

Tipe Gold cocok digunakan untuk:
- Mobil dan Motor dengan rasio kompresi 9:1 - 10:1.

Norival Platinum cocok digunakan untuk:
- Mobil dan Motor dengan rasio kompresi 10:1 - 11:1

*** Norival Energy Fuel Enhancer – Diesel Fuel:

Tipe Diesel dapat digunakan untuk:
- Segala jenis kendaraan diesel dengan teknologi standar / common rail.
- Genset diesel.

*** Norival Engine Oil Enhancer dapat digunakan untuk:
- Mineral base oil dan semi syntethic oil. Tidak disarankan pada Full Synthetic karena minyak pelumas jenis tersebut terbuat dari 100% bahan aditif. Tidak diperlukan penambahan aditif.

12. Apa efek dari penggunaan Produk Norival Energy Fuel Enhancer Gasoline & Diesel secara berlebihan?
Jawaban :
- Kinerja mesin menjadi terbebani, dikarenakan peningkatan nilai Oktan/Cetane & kalori yang terkandung dalam BBM tidak dapat dibakar sempurna oleh mesin pada umumnya.
- Konsumsi BBM meningkat dikarenakan tingkatan BBM yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi mesin pada umumnya. Contoh: Penggunaan Racing Fuel pada kendaraan umum.

Saran:
- Gunakan produk Norival sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan kenali ubahan/ modifikasi pada mesin yang digunakan.
- Pastikan kondisi komponen pengapian dalam kondisi baik/layak pakai. Pengecekan dapat dilakukan pada bengkel terdekat yang didukung dengan teknisi berpengalaman.
- Untuk mobil & genset: Gunakan alat bantu “botol pipet dengan ukuran” yang telah kami sediakan, untuk mempermudah pengaplikasian.

KELEBIHAN DOSIS TIDAK AKAN MENYEBABKAN KERUSAKAN PADA MESIN DALAM BATAS PEMAKAIAN NORMAL”

Penggunaan produk Norival Energy Fuel Enhancer gasoline & diesel diatas dosis rata-rata yang dianjurkan dengan maksud untuk menambah performa kinerja mesin, dapat dilakukan selama teknologi mesin dan komponen pengapian mendukung untuk mengolah BBM dengan kalori yang cukup besar.

13. Faktor Apa saja yang mengakibatkan kinerja kendaraan/mesin tidak maksimal ?

Umumnya AFR 14.7 : 1 adalah yang paling sempurna
Jawaban :
Faktor umum yang menjadi penyebab terjadinya penumpukan kerak karbon yaitu :

a.) Kondisi komponen – komponen yang berperan di dalam proses pembakaran.
Bila komponen pengapian seperti accu, delco, koil dan busi mengalami masalah, maka proses pembakaran akan terganggu dan mengakibatkan penumpukan kerak karbon secara bertahap dari hasil sisa BBM yang tidak terbakar dengan sempurna.

Keausan pada komponen ring piston dapat mengakibatkan oli masuk ke dalam ruang bakar dan menimbukan kerak dalam jumlah yang cukup besar.
cici-ciri: Ditandai dengan asap putih yang keluar dari knalpot, baik saat kondisi mesin stasioner, putaran bawah, menengah dan atas.

Saran: Pastikan kondisi komponen pengapian dalam kondisi baik/layak pakai. Pengecekan dapat dilakukan pada bengkel terdekat yang didukung dengan teknisi berpengalaman.

b.) Settingan AFR (Air Fuel Ratio)
Untuk mengetahui apakah campuran bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar mempunyai ratio yang tepat, dapat diidentifikasi saat mesin di start dan dengan melihat kondisi pada ruang bakar.

Campuran yang terlalu kurus/miskin, bisa ditandai dengan kondisi sbb:

* Electrode pada busi berwarna putih
* Stasioner / langsam tidak stabil
* Mesin terasa cepat panas
* Mesin sulit di start
* Gelitik / detonasi

Campuran yang terlalu gemuk/kaya bisa ditandai dengan kondisi sbb:
* Electrode busi berwarna hitam dan basah
* Asap knalpot hitam
* Bahan bakar sangat boros
* Putaran mesin tidak stabil
* Banyak deposit karbon di dalam ruang bakar
* Mesin sulit di start

Campuran yang tepat akan menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga busi berwarna coklat keabu-abuan dan kering, deposit karbon tidak banyak terbentuk, putaran mesin stabil dan mesin mudah distart.

Untuk mendapatkan ratio yang tepat, karburator disetting agar aliran udara yang masuk sesuai dengan bahan bakar yang dikabutkan. Secara teoritis, untuk membakar bensin secara sempurna, ratio udara berbanding dengan BBM yang tepat adalah 14,7 : 1. Namun mesin memerlukan kondisi campuran yang berbeda tergantung pada kondisi kerjanya,
Contoh: Start mesin dingin 2~3 : 1 (choke dioperasikan), start mesin yang sudah panas 7~8 : 1, stasioner/langsam 8~10 : 1, kecepatan rendah 10~12 : 1, kecepatan menengah 15~17 : 1, kecepatan tinggi / beban berat 12~13 : 1.
Secara umum, peruntukan ratio yang baik adalah sebagai berikut:
- 12 ~ 13 : 1 Adalah ratio yang menghasilkan tenaga maksimum
- 15 : 1 Adalah ratio yang memungkinkan pembakaran bensin secara sempurna
- 16 ~ 17 : 1 Adalah ratio konsumsi bensin yang paling irit

Efek yang ditimbulkan pada masing-masing tingkatan AFR :

- AFR terlalu kurus: Tenaga mesin lemah, menimbulkan detonasi, cepat panas, terjadi misfire, merusak dinding silinder pada ruang bakar.
- AFR Kurus: Tenaga mesin berkurang, terkadang terjadi detonasi, konsumsi BBM irit.
- AFR Ideal: Kondisi paling ideal.
- AFR kaya: bensin lebih boros, mesin lebih bertenaga, tidak terjadi detonasi.
- AFR terlalu kaya: Bensin sangat boros, asap knalpot berwarna hitam & perih dimata, sering terjadi misfire, terjadi penumpukan kerak di ruang bakar.

AFR pada mesin Diesel:
Rasio udara pada bahan bakar mesin diesel lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. AFR mesin diesel mencapai 1 : 16 sampai dengan 160. Artinya satu bagian bahan bakar membutuhkan 16 s/d 160 bagian udara untuk melayani suatu proses pembakaran di dalam silinder.

Hal lain yang berhubungan erat dengan AFR adalah emisi gas buang yang dihasilkan.Gas NOx yang dihasilkan dari pembakaran mesin diesel mengandung oksigen berlebih, karena mesin diesel dioperasikan dengan AFR yang lebih kurus dari AFR yang secara teoritis mencapai 1 : 14,7. Normalnya konsentrasi oksigen di gas buang adalah 1 – 2 %. Tingginya konsentrasi oksigen pada gas buang akan menyebabkan tingginya konsentrasi senyawa NOx. Senyawa NOx sangat tidak stabil dan jika terlepas ke udara bebas akan mengikat oksigen dan membentuk Nitrat Oksida (NO2) yang sangat sangat berbahaya/beracun dan jika bercampur dengan air akan membentuk asam nitrat. Keuntungan lain dari AFR yang kurus pada mesin diesel adalah rendahnya kandungan Karbon monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC) pada gas buang.


14. Bagaimana cara mengidentifikasi suatu kualitas pembakaran melalui komponen busi?
Jawaban :


Berikut ini beberapa tanda di busi yang berhubungan dengan kondisi mesin:

* Busi dalam kondisi baik dapat dilihat dari warna kaki sekatan busi yaitu abu-abu terang atau coklat kemerahan. Hal itu berarti kondisi mesin meliputi waktu pengapian dan penyetelan mesin yang ideal.


* Busi yang kotor dari ujung insulator dan elektroda busi tertutup kotoran jelaga hitam dari sisa pembakaran yang halus, menandakan settingan yang tidak pas. Akibatnya: konsumsi bahan bakar boros, asap sisa pembakaran berwarna hitam dan mesin susah untuk di start dalam keadaan dingin.


* Bila ujung insulator berwarna kuning agak coklat muda dan terdapat warna hijau, kemungkinan bensin/oli yang bercampur air ,atau karena penggunaan aditif yang tidak senyawa dengan bahan bakar. Mengakibatkan: Akselerasi menurun dan misfire / knalpot meledak-ledak.


* Busi yang berkerak kuning kehitaman: menunjukkan bahwa campuran BBM di karburator terlalu gemuk. Hal itu dapat disebabkan oleh katup pada ruang pemanasan tidak bekerja / saringan udara kotor.

* Busi berkerak basah: menunjukkan adanya oli yg masuk ke dalam ruang bakar. Disebabkan oleh: Keausan komponen ring piston, penggunaan oli berlebihan.

* Busi yang berkerak putih mengkilap dan berbutir : menunjukkan busi dalam keadaan panas yang berlebihan. Penyebabnya bisa dikarenakan ruang bakar yang kotor dan berkerak , pemakaian bahan bakar beroktan rendah dan detonasi. Selain itu juga disebabkan oleh cairan pendingin ( khusus untuk motor dengan liquid cooling) masuk dan ikut terbakar di ruang bakar.






Kenapa NORIVAL ?
diterbitkan oleh : http://www.kaskuser.tk

KOTAK KOMENTAR



Baca Juga Artikel Menarik Lainnya